Selasa, 02 Juli 2013

Filosofi Sarang Lebah

Kenapa harus kabinet Sarang Lebah  ??!!??
Inspirasi itu datang kapan saja dan dari mana saja...

Akhir-akhir ini saya emang lagi cari nama buat kabinet. Pengen namanya yang punya semangat dan filosofi yang berbeda dari sebelumnya dan juga unik tentunya . Munculah nama kabinet Pembangunan. Yaa, kita membangun AEDF jadi lebih baik lagi, garis besar makna kaya gitu. Tapi lama-lama ko nama yang gitu klise kedengeranya dan terkesan kaku. Periode sebelumnya kabinet  perubahan dan kabinet pembaharuan, dan kalau benar kabinet yang sekarang namanya kabinet pembangunan jadi terkesan terbayang-bayang nama sebelumnya. Tanggal 26 Juni kemarin lagi diangkot menuju kampus negedenger lagu RAN (ratu lebah). Tiba-tiba penasaran kenapa judulnya pake nama lebah, kenapa ga ratu monyet atau ratu kingkong gitu. Hahahaha. Iseng-iseng googling lah tentang si hutchi anak yang sebatang kara ini.

Ternyata setelah googling, hasilnya luar biasa. Katanya, lebah itu serangga yang punya karakteristik yang unik. Mereka memiliki kemampuan berorganisasi yang sangat baik. Tingkat solidaritas dan loyalitasnya pun sangat tinggi. Dan mereka ini menghasilkan madu yang sangat berguna buat manusia. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengibaratkan seorang mu’min seperti lebih.

Lalu, teman saya nanya kenapa ga semut aja? Mereka lebih keliatan gotong royong daripada lebah, katanya. Jawabanya sederhana, emang semut juga punya semangat gotong royong yang luar biasa, tapi bedanya kalau mereka diganggu mereka kabur, berpencar, dan menyelamatkan diri masing-masing. Nah kalau lebah diganggu? Mereka bersatu untuk menyerang.

Tapi kalau namanya kabinet lebah aja, kaya bagian puzzle yang kurang gituuu. Makanya ditambah sarang. Filosofi keseluruhanya gini :

Sarang itu ibarat rumah. Rumah artinya tempat tinggal,tempat bernaung,tempat berlindung. Semoga AEDF bisa jadi rumah buat semua keluarga besar mahasiswa bahasa perancis. Maka, jadikanlah Himpunan ini rumah yang nyaman bagi kita semua. Dan jadilah pengurus saat ini seperti lebah. Yang selalu bersama, suka ataupun duka. Lewati semua tantangan yang ada bersama-sama. Dan jadilah sesuatu yang bermanfaat, bagi diri sendiri, lingkungan dan AEDF tentunya. Semangat itu yang ingin saya jadikan virus untuk teman-teman.

Mungkin kedengeranya aneh kalau nama kabinetnya, Kabinet Sarang Lebah. Tapi sekarang tau kan kenapa saya ngasih nama itu. Bukan asal-asalan atau sekedarnya. Tapi emang makna dan filosofinya cukup dalam.  Semoga semangat ini terus kita jaga, untuk esok yang lebih baik !!!


“Bebaskanlah setiap ide gila yang ada. Jangan terkekang apapun, dan jangan pula melanggar apapun” Satria T.G

2 komentar: